Jumat, 26 Maret 2010

Memahami Fenomena Bunuh Diri

Fenomena bunuh diri tampaknya semakin sering terjadi akhir-akhir ini. Ada anak SD yang bunuh diri hanya gara-gara seragam pramukanya masih basah, seorang anak TK yang menghabisi nyawanya karena habis dimarahi orang tuanya, atau seorang siswi yang karena malu diejek teman-temannya sebagai anak tukang bubur, nekat mengakhiri hidupnya.
Belum lagi ada begitu banyak orang yang karena kesulitan ekonomi, diceraikan pasangan, mengambil suatu keputusan yang fatal: bunuh diri!
Di antara semua tragedi tersebut, salah satu peristiwa yang cukup menggemparkan baru-baru ini adalah adanya tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang ibu, namun kepergiannya ke alam baka “turut mengajak serta” keempat anaknya yang masih belia dengan cara meracuni mereka.
Salah satu hal yang menarik dari kasus bunuh diri adalah, mengapa mereka nekat mengambil “keputusan kekal” terhadap “masalah yang sementara” (a permanent solution to a temporary problem)?

Menurut Norman Wright, seorang psikolog, 10 persen orang yang bunuh diri melakukannya dengan alasan yang tidak jelas. Sebanyak 25 persen digolongkan sebagai orang-orang yang menderita ketidakstabilan mental. Sebanyak 40 persennya lagi melakukan bunuh diri menurut kata hati ketika mengalami gangguan emosi. Ketika stres begitu hebat menguasai mereka, saat itulah mereka memutuskan untuk bunuh diri.
Selain itu, ada juga orang yang bunuh diri agar terlepas dari penderitaan. Orang yang tidak mampu menahan penderitaan dan sakit kronis adalah calon-calon pelaku bunuh diri. Ada juga yang bunuh diri untuk balas dendam, misalnya bagi remaja yang merasa sakit hati akibat penolakan dari orang tua atau kekasihnya.
Bunuh diri adalah salah satu cara membalasnya, agar orang yang telah menyakitinya merasa bersalah.

Faktor Kepribadian
Salah satu faktor yang turut menentukan apakah seseorang itu punya potensi untuk melakukan tindakan bunuh diri adalah faktor kepribadian. Para ahli mengenai soal bunuh diri telah menggolongkan orang yang cenderung untuk bunuh diri sebagai orang yang tidak puas dan belum mandiri, yang terus-menerus meminta, mengeluh, dan mengatur, yang tidak luwes dan kurang mampu menyesuaikan diri. Mereka adalah orang yang memerlukan kepastian mengenai harga dirinya, yang akhirnya menganggap dirinya selalu akan menerima penolakan, dan yang berkepribadian kekanak-kanakan, yang berharap orang lain membuat keputusan dan melaksanakannya untuknya (Doman Lum).
Berdasarkan pernyataan di atas, timbul pertanyaan, mengapa seseorang memiliki kepribadian yang demikian? Robert Firestone dalam buku Suicide and the Inner Voice menulis bahwa mereka yang mempunyai kecenderungan kuat untuk bunuh diri, banyak yang lingkungan terkecilnya tidak memberi rasa aman, lingkungan keluarganya menolak dan tidak hangat, sehingga anak yang dibesarkan di dalamnya merasakan kebingungan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.
Pengaruh dari latar belakang kehidupan di masa lampau ini disebut faktor predisposesi (faktor bawaan). Dengan memahami konteks yang demikian, dapatlah kita katakan bahwa akar masalah dari perilaku bunuh diri sebenarnya bukanlah seperti masalah-masalah yang telah disebutkan di atas (ekonomi, putus cinta, penderitaan, dan sebagainya). Sebab masalah-masalah tersebut hanyalah faktor pencetus/pemicu (faktor precipitasi). Penyebab utamanya adalah faktor predisposisi.
Menurut Widyarto Adi Ps, seorang psikolog, seseorang akan jadi melakukan tindakan bunuh diri kalau faktor kedua, pemicu (trigger)-nya, memungkinkan. Tidak mungkin ada tindakan bunuh diri yang muncul tiba-tiba, tanpa ada faktor predisposisi sama sekali. Akumulasi persoalan fase sebelumnya akan terpicu oleh suatu peristiwa tertentu.

Bagaimana Menolongnya?
Jika Anda menemukan orang-orang di sekitar Anda yang pernah menyatakan ingin melakukan tindakan bunuh diri, baik secara langsung maupun tidak langsung, jangan anggap remeh hal tersebut.
Adakan hubungan, pelihara kontak dengan orang tersebut, jalin hubungan yang simpatik, dan dapatkan informasi lebih jauh. Bersikaplah penuh empati, mau mendengarkan dengan hati, dan ikut memahami perasaannya.

Mengapa?
Sebab orang mengatakan ingin bunuh diri sebenarnya sedang mengomunikasikan sesuatu kepada kita: cry for help (jeritan butuh pertolongan & perhatian). Oleh karena itu, patutlah kita ingat bahwa jangan bersikap sebagai seorang moralis atau seorang hakim yang siap untuk “memvonis” niat mereka tersebut sebagai dosa, tidak bermoral, dan sebagainya.

Mengapa?
Sebab para pelaku bunuh diri pada umumnya sudah mengalami perubahan dalam cara berpikir, terutama bagi mereka yang mengalami depresi, sehingga kata-kata vonis yang diucapkan kepada mereka dianggap sebagai sesuatu yang pantas mereka terima, yang pada akhirnya akan membuat keputusan untuk bunuh diri sebagai sesuatu yang harus dilakukan (Norman Wright).
Sebagai orang tua, sudahkah Anda memberikan “modal” kasih sayang dan perhatian yang cukup bagi anak-anak Anda, sehingga mereka kemudian tumbuh dengan jati diri dan nilai diri yang kuat? Bukankah salah satu penyebab bunuh diri adalah jati diri dan nilai diri yang lemah? Oleh karena itu, selagi masih ada kesempatan, perbaikilah pola relasi Anda dengan anak-anak Anda.
Tuhan telah memberikan kepada kita begitu banyak potensi untuk mengalami hidup yang berkemenangan dan sukacita. Jika Anda saat ini sedang mengalami masalah, carilah seseorang yang dapat Anda percayai untuk mau mendengarkan keluhan-keluhan Anda. Ekspresikan emosi Anda, sebab emosi yang tertekan dapat menyebabkan pikiran yang terdistorsi. (NP/3/07). n

Senin, 15 Maret 2010

(TOTALITERISME/OTORITERISME/SISTIM DEMOKRATIS)

Saat ini banyak orang bicara mengenai masalah demokrasi. Tapi sedikit yang mempraktekkannya. Banyak orang yang menganjurkan perubahan. Tapi kurang jelas, perubahan apa yang dimaksudkan. Perubahan yang sifatnya personal? Atau perubahan institutional? Yang jelas kebanyakan orang menginginkan perubahan institusional. Dengan kata lain, terbentuknya institusi atau lembaga-lembaga demokratis. Barangkali teori dibawah ini dapat sedikit membantu Anda, untuk menjawab pertanyaan lembaga mana sebenarnya yang kita maksud.Teori yang baik adalah teori yang dapat dibuktikan kebenarannya. Teori yang kurang akurat sering dilupakan orang. (Bahan diskusi intern API-Berlin)

A. Definisi
Teori demokrasi yang diilhami Rousseau mengarah ke pembentukan aspirasi rakyat homogen. Disamping itu, kemakmuran bersama dimasa depanpun sudah dipastikan sejak awal. Oleh karena itu, teori yang tak kenal konflik interes dimasyarakat ini juga dikenal sebagai teori identitas. Demokrasi dalam pengertian ini dipakai untuk membedakan identitas antara golongan pemerintah dan yang diperintah. Prinsip representasi atau perwakilan ditolak, sebab kehendak rakyat tak mungkin dapat diwakilkan. Demokrasi model ini tidak menolak warga negara aktif dibidang politik. Sehingga bahaya dari dalam mengancam setiap saat. Maka ide untuk membentuk sebuah Staatsvolk (bangsa senegara) dirasa perlu, terutama untuk menindas interes yang beraneka ragam yang ada dimasyarakat. Pola pikir (demokrasi) macam ini akhirnya mengarah kesistim kekuasaan totaliter. Itulah sebabnya kenapa ada istilah demokrasi totaliter . Demokrasi macam ini mendambakan kehadiran seorang Führer atau sebuah partai yang melaksanakan kehendak seluruh rakyat. Perbedaan pendapat ditindas. Kegiatan oposisi dilarang. Aktivitas intelektual dianggap gerakan pengacau stabilitas. Manusia harus dipaksa untuk mencapai kemakmurannya sendiri.

Bertolak belakang dengan teori tersebut diatas, teori demokrasi persaingan, model Anglo-Saxon justru berangkat dari eksistensi perbedaan interes. Pembentukan pendapat politik dalam masyarakat pluralistik hendaknya dilakukan melalui proses yang transparan. Kompetisi antar kelompok dalam masyarakat heterogen, sah sah saja. Keyakinan bersama (Weltanschauung) tak diperlukan. Karena banyaknya perbedaan pendapat yang ada di masyarakat, munculnya konflik sosialpun sulit dihindari. Sehingga tak ada penyelesaian yang sifatnya absolut (yang paling benar). Prinsip mayoritas (memang) menjadi dasar-dasar pengambilan sebuah keputusan. Namun ini tak boleh menyebabkan adanya tirani mayoritas . Karena dapat mengganggu jalannya aturan main serta melanggar HAM. Disamping itu mayoritas juga bukan berarti bahwa orang boleh berbuat apa saja. Jadi harus ada perlindungan terhadap minoritas, yang tertera dalam undang undang dasar. Wakil wakil yang terpilih (di parlemen) tidak tergantung dari intsruksi. Begitu pula setelah periode legislatur berakhir, mereka dapat dipilih kembali. Oleh sebab itu demokrasi dalam pengertian ini, tidak berarti >>kekuasaan rakyat<<, melainkan kekuasaan atas persetujuan rakyat. Teori ini mengarah kepada sistim perwakilan. (Lihat tabel dihalaman paling belakang)

Dari sudut pandang marxis-leninis, demokrasi terbagi menjadi dua tipologi: demokrasi sosialistik dan demokrasi borjuis . Karena dalam demokrasi sosialistik alat-alat produksi merupakan milik bersama, maka interes pribadi kemudian sama dengan interes negara. Dalam rangka memperkuat dukungan massa untuk menghancurkan kelas penghisap lama, maka pimpinan partai marxis-leninis yang sadar kelas membentuk diktator proletariat . Demokrasi sosialistik adalah demokrasi untuk mencapai tingkatan yang tertinggi. Dan ini dibentuk berdasarkan undang-undang, yang mengawali tercapainya masyarakat tanpa kelas . Seluruh kegiatan sosial dan keharmonisan masyarakat merupakan realitas sosial. Dengan kata lain dalam demokrasi realis semua rakyat diajak, baik dalam proses perencanaan, pengaturan maupun pelaksanaan; yang bertujuan agar kepribadian rakyat dapat berkembang optimal.

Demokrasi borjuis didasarkan pada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi. Yang terkonsentrasi di tangan sedikit orang saja. Sehingga ini mengakibatkan ketimpangan sosial. Demokrasi model ini menyelubungi karakter kelas masyarakat kapitalis. Artinya dimana secara formal semua orang diakui mempunyai hak yang sama, sedangkan rakyat secara real tidak memiliki. Krisis sosialpun makin tajam. Demokrasi borjuis dikecam. Kekuasaan kapitalmonopol sangat kuat dan selalu tegar mengahadapi tuntutan kelas buruh. Bahkan hak-hak yang telah diperjuangkan dengan susah payah (kenaikan upah minimum misalnya) malah diinjak injak lagi. Dari situasi seperti ini dapat melahirkan sistim kediktatoran (fasis). Namun ini tidak terjadi (di negara negara penganut demokrasi bourjuis ) karena kelas pekerja dapat mengorganisir serta mewakili interes mereka sendiri. Satu kemajuan.

Parlamentarisme, sepintas memang mengandung banyak arti. Mencakup semua sistim, yang memiliki parlemen - terlepas dari posisi dan fungsi parlemen bersangkutan. Jerman dibawah Hitler misalnya, Sovyet dibawah Stalin, Spanyol dibawah Franco atau Rumania di bawah Ceausescu. Negara-negara (demokrasi) barat dan rezim-rezim otoriter negara ketiga juga termasuk katagori yang sama. Akan tetapi, berbicara mengenai parlamentarisme hendaknya kita membatasi diri hanya pada sistim (negara) yang demokratis saja.

(Sistim demokratis) Sistim yang demokratis pertama tama ditandai dengan adanya persaingan politik terbuka. Pemilu yang bebas, umum, rahasia. Partai-partai yang meligitimasi kekuasaan memiliki tujuan (program) yang berbeda beda. Sistim juga memberi kemungkinan bahwa partai berkuasa dapat diganti oleh partai lain. (Kendati partai liberal di Jepang berkuasa sejak 1946 misalnya).

Dengan adanya jaminan atas HAM, hak warga negara dll. sistim dapat memperkecil kekuasaan negara. Sehingga memungkinkan terbentuknya struktur yang pluralistik yang merupakan satu keharusan. Dengan kata lain agar aspirasi rakyat serta perbedaan interes yang ada di masyarakat tertampung kedalam sistim kekuasaan (pemerintahan).

Demokrasi bukan saja berarti keputusan (mayoritas) berada ditangan rakyat. Namun disini juga sudah termasuk konsepsi Rechtsstaat, distribusi kekuasaan, perlindungan minoritas serta usaha untuk mengatasi kesewenang wenangan negara. Artinya secara cukup dini membatasi tingkah laku politik penyelenggara kekuasaan negara.

Keunggulan sistim demokratis yaitu selain mengakui adanya perbedaan pendapat, ia juga menerima nilai-nilai kebersamaan. Sebagai contoh nyata misalnya bahwa sebagian besar kelompok masyarakat tidak pernah mempermasalahkan keberadaan pemerintahan demokratis.

(Sistim totaliter) Totaliterisme dalam hal ini merupakan kebalikan dari sistim demokratis. Sistim totaliter klasik (Nazi-Hitler dan Sovyet-Stalin) terutama ditandai, yakni, oleh satu kenyataan bahwa hanya ada satu partai saja, yang, legitimasinya tidak melalui pemilu. Aspirasi rakyat tidak diterima sebagai kontrol kekuasaan. Sebaliknya. Partai (lewat ideologi) yang justru menganggap sebagai tugas utama untuk membentuk atau memperngaruhi keyakinan rakyat. Weltanschauung partai (mirip agama) mengklaim bahwa hanya ada satu kebenaran didunia. Disamping itu, selalu dikumandangkan lewat propaganda bahwa masyarakat ideal sebagai end-station akan segera tercapai. Ideologi macam ini sebenarnya ingin menguasai dunia. Nazi lewat ideolgi ras Aria, komunisme melaui pembentukan masyarakat tanpa kelas. Rakyat diwajibkan untuk menerima Weltanschauung penguasa. Rakyat tidak boleh mengelak. Tidak ada batas antara kehidupan bermasyarakat dan pribadi. Semua diatur negara. Rakyat dipaksa mendukung Weltanschauung penguasa. Kalau dukungan kendor, penguasa tak segan segan menggunakan kekerasan dengan mesin penindasan; polisi rahasia atau intel, yang sering dibantu para intel tak resmi (pegawai sipil, kolega, tetangga atau bahkan saudara atau partner sendiri). Karena seluruh alat komunikasi massa berada dibawah kontrol elit penguasa (baik zaman Hitler maupun Stalin) maka batas antara pemerintah dan yang diperintah menjadi semakin kabur. Sehingga dirasakan perlu adanya musuh nyata yang dapat dijangkau. Teror lewat aparat kekuasaan pun tak terhindarkan lagi. Maka banyak korban berjatuhan. Tak kurang dari enam juta orang Yahudi mati tersiksa di kamp-kamp konsentrasi NAZI. Begitu pula jutaan manusia diperkirakan yang menjadi korban aksi pembersihan Stalin.

(Sistim otoriter). Satu kemiripan otoriterisme dengan totaliterisme; tidak mengenal sistim pemerintahan yang demokratis. Istilah sistim otoriter sebenarnya juga kurang jelas. Mencakup begitu banyak rezim politik yang berbeda. Yang termasuk sistim otoriter adalah baik diktator militer negara ketiga yang kiri maupun yang kanan, (Pinochet). Tapi Franco juga masuk katagori ini. Pemilu dalam sistim otoriter, dimanipulasi secara terang terangan atau tersembunyi. Namun berbeda dengan sistim totaliter, sistim otoriter tidak memerlukan Weltanschauung tertentu. Kendatipun demikian, mempertahankan serta memantapkan kekuasaan merupakan tema sentral. Pluralitas (baca kebebasan) yang amat terbatas masih ditolerir - selama tidak membahayakan sistim. Mobilisasi massa - sebagai pendukung Weltanschauung penguasa dalam sistim otoriter - kelihatan kurang populer. Bahkan elit penguasa tak segan segan mengakui adanya kebebasan individu, serta pandangan politik yang nyeleneh (keluar jalur), selama ini, tidak mengkritik rezim secara terbuka. Oleh karena Weltanschauung atau ideologi tak jelas, maka peranan partai-pemerintah pun menjadi berkurang. Akan tetapi peranan partai, diambil alih oleh klik-penguasa. Klik oligarkhi berperan sangat dominan dalam suksesi atau waktu pergantian kekuasaan, misalnya. Suksesi tidak dilakukan secara terbuka. Melainkan melalui hubungan-hubungan pribadi, antara sang penguasa, dengan kerabat dekat atau orang kepercayaannya. Dibawah rezim ototriter rakyat - selama dia bukan aktivis anti rezim - tidak merasakan adanya tekanan-tekanan atau teror - kalau dibanding kondisi dibawah rezim-rezim totaliter. Karena, - dalam sistim otoriter - rakyat sudah cukup kalau hanya menyetujui sang penguasa. Akan tetapi, belum tentu berarti bahwa rakyat harus bersungguh sungguh mendukungnya. (Sumber: Informationen zur politischen Bildung, No. 227, 1993; hal. 2-4).

(Demokratisasi institusi dan institutionalisasi demokrasi) Sampai saat ini di Eropa masih banyak orang menggunakan kerangka berpikir lama; fasisme versus komunisme. Anehnya, dari determinan ekonomi, kemudian berubah menjadi determinan kultural. Seperti misalnya muncul masalah perbedaan atara kultur barat (kristen) versus non barat atau islam. Atau kita ambil contoh aktual satu lagi yakni kontradiksi masalah migrasi, yang ada di negara negara Eropa barat; konflik antara penduduk setempat (kulit putih) versus orang asing pendatang baru (migran kulit berwarna). Kalau di negara kita muncul istilah pri atau non-pri misalnya. Berdasarkan Weltbild seperti ini, kayaknya dunia harus selalu nampak antagonistik. Dengan kata lain, harus selalu ada musuh. Kalau tak ada musuh? maka ia harus diciptakan dulu. Dan musuh tak boleh abstrak. Dalam kehidupan sehari hari musuh harus selalu nampak jelas, dapat dilihat, bisa dijangkau, dipegang atau dikemplang. Wah, dalam kamus politik, cara berpikir seperti ini hanya dapat ditemui dalam fasisme. Fasis dalam hal ini, bukan saja berarti, tak demokratis, akantetapi, anti-demokratis. Fasis atau bukan, tak penting. Yang penting adalah bagaimana kita keluar dari kemelut tersebut. Ada problim berarti ada jalan keluarnya.

Dalam negara yang tidak demokratis, cuma ada satu jalan menuju reformasi yakni menggulingkan pemerintahan yang ada, dengan kekerasan. (K.R. Popper). Kemudian menggantikannya, dengan cara, mendirikan tatanan baru, yang demokratis. Para pengkritik demokrasi yakni orang orang yang menggunakan nilai-nilai moral (agama) tertentu, sebenarnya tidak bisa membedakan antara problim personal dan institusional. Adalah tugas kita untuk memperbaiki keadaan. Institusi-institusi demokratis tak bisa memperbaiki diri mereka sendiri. Masalah perubahan, selalu berkaitan dengan masalah person (manusia) dan bukan institusi. Kalau kita memang menghendaki perubahan, maka harus jelas dulu institusi mana sebenarnya yang ingin kita rubah? Dalam masalah politik kita kenal adanya perbedaan yang mirip dengan masalah perbedaan antara person dan intstitusi yakni perbedaan antara problim sehari hari dan problim masa depan. Problim sehari hari sebagian besar merupakan masalah harkat manusia (person). Problim masa depan, sebaliknya, harus diatur secara institusional. Masalah ini dapat kita sederhanakan menjadi sebuah pertanyaan; Siapa sebaiknya yang memerintah?

Minggu, 14 Maret 2010

Penawaran VCD Pendidikan, Film Sejarah & Rekaman TV Tentang Pendidikan

Peristiwa sejarah akan berlalu begitu saja, namun bila kita mampu merekam kejadiannya maka akan sangat berguna bagi diri dan generasi penerus kita. Melalui artikel ini saya menwarkan kepada anda khususnya pemerhati sejarah (guru, siswa, sejarawan, umum, dsb) untuk mendapatkan VCD dari beberapa peristiwa penting. Tujuan dari penawaran ini adalah untuk berbagi informasi dan media pembelajaran kepada anda. Untuk mendapatkannya anda cukup mengganti biaya penggandaanya saja sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per CD nya. Untuk pengiriman ditambah ongkos kirim (menggunakan TIKI). Pemesanan 5 CD gratis 1 CD, dan berlaku kelipatannya. Pemesanan diatas 10 CD gratis ongkos kirim. Bagi yang tertarik silahkan hubungi Aries di 085732021710. Untuk mengetahui sampul VCD yang anda inginkan dapat diklik pada tulisan dibawah ini :

JejakBerdarah Westerling (1 CD)
Di Balik Pembasmian PKI (1 CD)
Bencana Gempa Tsunami Aceh (1 CD)
Egypt Secret Of The PHARAOHS (1 CD)
G 30 September PKI – Film Orba (3 CD)
Islam Dan Peradaban Dunia (1 CD)
Barong Ider Bumi (1 CD)
Di Balik Ritme Proklamasi (1 CD)
Bencana Kaum Sodom (1 CD)
G 30 S PKI Versi Internasional (2 CD)
Komunisme Jilid 1 (1 CD)
Kesaksian Korban PKI Solo (1 CD)
Kerusuhan Sampit (1 CD)
Kehidupan Suku Baduy (1 CD)
Kedatangan Sekutu Di Surabaya (1 CD)
Ke Gerbang Kemerdekaan (1 CD)
Kirab Sesaji Buang Sengkolo (1 CD)
Komunisme Di Cina (1 CD)
Keajaiban Pyramid (1 CD)
Kesaksian Jugun Lanfu (1 CD)
Marsinah-Kasus Pembunuhan Buruh Sidoarjo – Film (2 CD)
Pemimpin Besar Revolusi (1 CD)
Pemberontakan DI TII Kahar Muzakar (1 CD)
Pearl Harbour – Film (3 CD)
Pembuangan Tokoh Nasionalis (1 CD)
Kumpulan Pidato Sukarno (1 CD)
Komunisme Jilid 1 (1 CD)
Penyuluhan Bahaya Narkoba (1 CD)
Komunisme Jilid 2 (1 CD)
Nasionalisme Dai Nippon (1 CD)
Peradaban Yunani Kuno (1 CD)
Peristiwa Semanggi (1 CD)
Peristiwa MALARI (1 CD)
Percandian Jawa Timur (1 CD)
Peristiwa Menjelang Proklamasi (1 CD)
Peradaban INCA (1 CD)
Peristiwa Reformasi (1 CD)
Perang Dunia Jilid 2 (1 CD)
Percandian Jawa Tengah (1 CD)
Percandian Yogyakarta (1 CD)
Sejarah Pelajar Indonesia (1 CD)
Sang Presiden (1 CD)
Petaka Akibat Perang Dunia (1 CD)
Sejarah Buya Hamka (1 CD)
Siar Islam Di Pantura (1 CD)
Runtuhnya Teori Darwin (1 CD)
Sejarah Bumiputera (1 CD)
Petaka Akibat Darwinisme (1 CD)
Putera Sang Fajar (1 CD)
Sang Dwi Tunggal (1 CD)
Situs Sangiran (1 CD)
Walking With Caveman - Keidupan Pra Sejarah (3 CD)
Tragedi Firaun (1 CD)
Tragedi Kerusuhan Mei 1998 Jakarta (1 CD)
Tsunami Aceh Jilid 2 (1 CD)

Judul Lainnya :
D Day To Berlin (Perang Dunia Di Jerman) (3 CD)
Quo Vadis (2 CD)
Menapak Jejak Wali Volume 2 (1 CD)
The World Heritage Vol 6 (1 CD)
Diana – Last Days Of A Princess (2 CD)
The Secret Life Of – GEISHA (2 CD)
Menapak Jejak Wali Allah Volume 3 (1 CD)
Triangle Of Death – IRAQ (1 CD)
BALI – Masterpiece Of Gods (1 CD)
Percandian Di Trowulan (1 CD)
Ekspedisi Islam – Makam Islam Situs Trowulan (1 CD)
Ekspedisi Brawijaya – Museum Brawijaya Malang (1 CD)
Ekspedisi Trowulan – Situs Hindu / Budha di Trowulan (1 CD)
Ekspedisi Surabaya – Situs Perjuangan Bangsa 1945 (Perang Surabaya) (1 CD)
Situs Kekejaman PKI 1945 (1 CD)
Kunjungan Museum Surabaya (1 CD)
Situs Perjuangan Bangsa (1 CD)
Candi Jawa Timur Jilid 1 (1 CD)
Candi Jawa Timur Jilid 2 (1 CD)
Menapak Jejak Wali Allah Vol 1 (1 CD)
COLUMBUS – Secrets From The Grave (1 CD)
ISRAEL AND PALESTINE : The Roots Of Conflict (1 CD)
BERLIN WALL (1 CD)
Horror In The East (Perang Asia Timur Raya) (2 CD)
Noah and Te Great Flood (1 CD)
The Egyptian – Film (2 CD)
DUNKIRK – Three Hours Of Carnage Desperation, Heroism and Chaos (3 CD)

Bila tertarik silahkan hubungi Aries di 085732021710

Jumat, 12 Maret 2010

Sekali Lagi, Harta Karun Indonesia Di Lelang Di Pasar Internasional

Baru-baru ini ramai diberitakan, harta karun yang berhasil diangkat dari
runtuhan kapal asing di perairan Cirebon, Jawa Barat, akan dilelang oleh
perusahaan yang mengangkatnya. Benda-benda tersebut terdiri dari
keramik, kaca persia, arca perunggu, permata, hulu pedang dari emas, dan
benda berharga lainnya.
Nilai jualnya tidak tanggung-tanggung, Rp 400 miliar. “Harta yang
diangkat mencapai 250.000 keping. Kalau dijual lewat lembaga lelang,
harganya akan anjlok. Karena itu, kami menjual satu paket penemuan itu
dengan cara menghubungi negara-negara yang kargonya ada di kapal itu,”
ujar Adi Agung, Direktur PT Paradigma Putra Sejahtera, selaku perusahaan
pengangkat harta karun tersebut (Kompas, 17 November 2006).
Sejumlah negara, seperti China, Dubai, dan Singapura, sudah menyatakan
ketertarikannya. “Namun, penjualan final akan melibatkan Pemerintah
Indonesia,” kata Adi.
Bahkan, ada informasi bahwa negara-negara Timur Tengah, seperti Oman,
Yaman, dan Arab Saudi, juga berminat membelinya, tetapi dengan syarat
harus seluruh kapal dan isinya yang dilelang. Ini berarti Pemerintah
Indonesia tidak dapat memiliki barang yang seharusnya 10 persen dari
seluruh kargo setelah diseleksi. Apa niat yang tersirat di balik
persyaratan dari negara-negara Arab tersebut?

Pelayaran dan perdagangan
Tumbuh dan berkembangnya pelayaran dan perdagangan melalui laut antara
Teluk Persia dan Tiongkok sejak abad VII atau abad pertama Hijriah
disebabkan karena dorongan pertumbuhan dan perkembangan
imperium-imperium besar di ujung barat dan ujung timur Benua Asia.
Di ujung barat terdapat imperium Muslim di bawah Kekhalifahan Bani
Umayyah (660-749 Masehi), kemudian Bani Abbasiyah (750-870 Masehi). Di
ujung timur Asia terdapat Kekaisaran Tiongkok di bawah kekuasaan Dinasti
T’ang (618-907 Masehi).
Kedua imperium itulah yang mendorong majunya pelayaran dan perdagangan
Asia. Akan tetapi, jangan dilupakan peranan Sriwijaya sebagai sebuah
imperium yang menguasai Selat Melaka pada abad VII-XI. Imperium ini
merupakan kerajaan maritim yang menitikberatkan pada pengembangan
pelayaran dan perdagangan.
Nama Persia yang sekarang disebut Iran, menurut catatan harian Tionghoa,
adalah Po-sse atau Po-ssu, yang biasa diidentifikasikan atau dikaitkan
dengan kapal-kapal Persia. Persia juga sering dikaitkan dengan sebutan
Ta-shih atau Ta-shih K’uo, yang biasa diidentifikasikan dengan Arab.
Po-sse dapat juga dimaksudkan dengan orang-orang Persia, yaitu
orang-orang Zoroaster yang berbicara dalam bahasa Persi—orang-orang
Muslim asli Iran—yang dapat pula digolongkan pada orang-orang yang
disebut Ta-shih atau orang-orang Arab. Orang Zoroaster dikenal oleh
orang Arab sebagai orang Majus, yang kemudian merupakan mayoritas
penduduk Iran setelah pengislaman.
Kehadiran orang-orang Po-ssu bersama-sama dengan orang-orang Ta-shih di
bandar-bandar sepanjang tepian Selat Melaka, pantai barat Sumatera,
serta pantai timur dan barat Semenanjung Tanah Melayu sampai ke pesisir
Laut Tiongkok Selatan diketahui sejak abad VII atau abad pertama
Hijriah. Mereka dikenal sebagai pedagang dan pelaut ulung.
Sebuah catatan harian Tionghoa menceritakan perjalanan pendeta Buddha
I-tsing tahun 671 Masehi dengan menumpang kapal Po-sse dari Kanton ke
Fo-shih (Sriwijaya). Catatan harian itu mengindikasikan kehadiran
orang-orang Persia di bandar-bandar di pesisir Laut Tiongkok Selatan dan
Nusantara.
Kemudian, pada 717 Masehi, diberitakan pula tentang kapal-kapal India
yang berlayar dari Sri Lanka ke Sriwijaya dengan diiringi 35 kapal
Po-sse. Tetapi, pada tahun 720 Masehi kapal-kapal tersebut kembali lagi
ke Kanton karena kebanyakan dari kapal-kapal itu mengalami kerusakan.
Hubungan pelayaran dan perdagangan antara bangsa Arab, Persia, dan
Sriwijaya rupa-rupanya dibarengi dengan hubungan persahabatan di antara
kerajaan-kerajaan di kawasan yang berhubungan dagang. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan adanya beberapa surat dari Maharaja Sriwijaya yang
dikirimkan melalui utusan kepada Khalifah Umar ibn ’Abd al-Aziz (717-720
Masehi). Isi surat tersebut, antara lain, tentang pemberian hadiah
sebagai tanda persahabatan.
Bukti-bukti arkeologis yang mengindikasikan kehadiran pedagang Po-sse di
Nusantara adalah ditemukannya artefak dari gelas dan kaca berbentuk vas,
botol, jambangan, dan lain-lain di situs Barus (pantai barat Sumatera
Utara) dan situs-situs di pantai timur Jambi (Muara Jambi, Muara Sabak,
Lambur). Barang-barang tersebut merupakan komoditas penting yang
didatangkan dari Persia atau Timur Tengah dengan pelabuhan-pelabuhannya
antara lain Siraf, Musqat, Basra, Kufah, Wasit, Al-Ubulla, Kish, dan Oman.
Dari Nusantara, para pedagang tersebut membawa hasil bumi dan hasil
hutan. Hasil hutan yang sangat digemari pada masa itu adalah kemenyan
dan kapur barus.
*Stempel legitimasi*
Di antara kargo eks kapal asing yang tenggelam di perairan Cirebon, ada
sebuah benda berbentuk empat persegi panjang (4 x 9 cm) dari batu
(stonesoap).
Pada salah satu sisinya terdapat kalimat yang ditulis dalam aksara Arab
bergaya kufik: “al-mlku; lillah al-wahid; al-qahhar”, yang berarti
“semua kekuasaan itu milik Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa”. Kalau
diterjemahkan secara harfiah, kalimat itu mengandung asma’ul husna,
tepatnya merupakan sifat yang dimiliki mausuf (Allah) yang memiliki
kekuasaan.
Akan tetapi, kalau ditafsirkan dengan konteks kapal, yang tersirat dalam
kalimat tersebut mengandung makna bahwa si pembawa stempel mempunyai hak
untuk pergi (berdagang) ke mana saja. Tidak ada satu kekuasaan pun yang
berhak untuk melarangnya karena semua yang ada di alam semesta—termasuk
kerajaan—adalah milik Allah. Dengan demikian, stempel tersebut berguna
sebagai “alat” legitimasi untuk berlayar/berdagang ke mana saja.
Melihat gaya tulisan kufik yang dipakai, tampaknya masih kaku jika
dibandingkan dengan gaya tulisan kufik pada batu nisan Malik as-Saleh
(wafat 1297 Masehi) dari Samudra Pasai (Aceh). Bentuk tulisan ini diduga
berasal dari sekitar abad IX yang dikembangkan di daerah Kufah pada masa
pemerintahan kekhalifahan Bani Abbasiyah (750-870 Masehi).
Kalau ditelaah dari stempel yang beraksara Arab tersebut, kapal asing
yang tenggelam bersama kargonya di perairan Cirebon diduga kapal yang
berasal dari pelabuhan Kufah atau Basra, yang sekarang termasuk wilayah
Irak. Ini berarti bahwa kapal bersama kargonya berasal dari sekitar abad
IX, lebih tua dari perkiraan juru taksir yang menyatakan dari abad X.
Tampaknya sederhana, yaitu berupa sebuah stempel dan bukan termasuk
barang seni, tetapi dari sisi ilmu pengetahuan merupakan barang yang
sangat berharga.
Hingga kini belum diketahui secara tepat kapan Islam masuk ke Nusantara.
Berdasarkan batu nisan Malik as-Saleh, dipercaya Islam masuk Nusantara
pada sekitar abad XIII. Namun, jauh sebelum itu, para pedagang Muslim
sudah berdagang dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Stempel yang
ditemukan di antara kargo eks kapal asing yang tenggelam di perairan
Cirebon merupakan salah satu buktinya.
Artefak ini menjadi tidak ternilai harganya apabila diperlakukan sebagai
benda cagar budaya yang mempunyai nilai kesejarahan, khususnya sejarah
perkembangan agama Islam di Nusantara.
Selama ini untuk menjawab pertanyaan masuknya Islam ke Nusantara hanya
berdasarkan analogi. Maka, dengan ditemukannya stempel merupakan bukti
artefak tentang keberadaan Islam di Nusantara.
Stempel legitimasi tersebut jelas merupakan data arkeologi dan sejarah.
Hingga saat ini artefak tersebut baru satu-satunya yang ditemukan di
Indonesia.
Jadi, tidak sepatutnya stempel tersebut termasuk barang berharga yang
ikut dilelang. Boleh jadi calon pembeli menginginkan seluruh kargo,
termasuk juga stempel, untuk tujuan kebanggaan nasional mereka.

Kamis, 11 Maret 2010

Video Misteri Sungai Didasar Laut

belakangan ini muncul fenomena menarik di Mexico. Ada sungai dibawah laut. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penyelam yang mengabadikan moment menarik dan jadi heboh itu melalui rekaman video. Tertarik untuk bersama melihat meajaiban tersebut ? Nich saya bagikan tampilan rekaman videonya. Selamat menonton.....



Kabar Heboh, muncul Blog yang berani bongkar berbagai rahasia dan berita-berita menarik. Telah beredar beberapa trik dan solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan di bidang pendidikan. Info tentang Ujian nasional 2010, hingga penyimpangan pendidikan ada dalam blog ini. Bila anda ingin tau mengenai berita heboh tentang artis Indonesia tanpa busana dan kenakalan mereka di FB, Twitter hingga jejaring sosial dunia maya lain dengan buka-buka an, maka disini juga ada. Bagi penggemar sejarah and bisa tau siapa dibalik pemberontakan PKI tahun 1965. Bagi anda yang suka dengan psikologi juga ada banyak tips dan trick di blog ini. Gambar-gambar “ehm” juga ada, video syur dan adegan xxx yang uncensored juga ada tinggal anda klik sekali saja maka akan terbuka semua. Kabar heboh ini hanya dapat anda temukan jika mengklik blog di bawah ini :

http://celoteh55aries.blogspot.com/ Celoteh Aries

http://dunia55pendidikan.blogspot.com/ Dunia Pendidikan Aries

http://aries55history.blogspot.com/ History Blog Aries

http://ariesgoblog.wordpress.com/ History Education

Rabu, 10 Maret 2010

Pansus Century Makin Tak Dipercaya Rakyat

JAKARTA (Pos Kota) –Pansus Angket Bank Century terkesan mulai goyah dan tak percaya diri lagi pasca pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menganggap Wapres Boediono dan Menkeu Sri Mulyani tidak perlu non aktif.

Dalam hal penyusunan jadwal yang sudah sejak lama diagendakan dan disetujui pleno pansus, untuk pemanggilan Wapres Boediono adalah 22 Desember. Tetapi menurut Wakil Ketua Pansus Angket Bank Century Gayus Lumbuun pemanggilan Boediono ditunda dan baru akan ditentukan setelah 4 Januarai 2010.

Gayus menjelaskan, hari Senin dan Selasa (21-22 Desember) Pansus baru akan memanggil para pejabat BI periode 2004 terutama yang terkait dengan penanganan soal barger Bank CIC, Piko dan Danpac menjadi Bank Century.

“Karena ada indikasi bermasalah dalam hal marger bank tersebut maka kita perlu pertanyakan kepada pejabat BI yang saat itu menanganinya,” kata Gayus. “Dasar kita semua ini adalah hasil audit investigasi dari BPK melalui laporannya yang disampaikan ke DPR,” katanya.

Demikian pula pada hari Selasa, yang semula diagendakan minta penjelasan Wapres Boediono, menurut Gayus, masih akan memanggil berbagai pihak yang terkait lainnya selain wapres.

Gayus tidak menjelaskan alasannya secara rinci namun menurutnya dalam dua hari itu kegiatan pansus padat karena ada sejumlah pejabat yang dipanggil. “Kemungkinan Pak Boediono baru dijadwalkan setelah 4 Januari 2010. Ini memang agenda sementara dari Pansus,” tegasnya.

Sementara itu anggot Pansus Angket Bank Century Marwan Djafar yang dihubungi mengatakan sampai kemarin belum ada perubahan jadwal pihak-pihak yang akan dimintai keterangan oleh pansus.

Kalau pun ada perubahan, kata Marwan yang juga Ketua FKB DPR ini, tentunya tidak dilakukan secara mendadak. “Mestinya kalau ada perubahan ya tidak boleh mendadak, apalagi undangannya sudah dikirim kepada yang bersangkutan,” tambahnya.

Marwan menjelaskan, dari jadwal semula diagendakan pada 21 Desember akan dipanggil BI-1 yang merupakan pejabat BI era Burhanudin Abdullah. Sedangkan untuk 22 Desember jadwalnya adalah BI-2 atau era Boediono cs. “Jadi nggak ada yang berubah masih seperti jadwal semula,” katanya.

PENYELIIDIKAN TAHAP DUA


Sebelumnya, Wakil Ketua Pansus Angket Bank Century Mahfud Sidiq menjelaskan Boediono, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla akan dipanggil dalam penyelidikan tahap kedua. Sedangkan pemanggilan tahap pertama merupakan pemeriksaan ataupun mencari informasi.

Sejumlah nama sebelum masuk dalam daftar inventarisasi adalah Ketua BPK Hadi Poernomo, mantan Kabareskrim Susno Duadji, Pimpinan KPK, jajaran direksi Bank Century, Jajaran BI baik sebelum marger dan setelah marger menjadi Bank Century, Pimpinan PPATK. Menkeu selaku Ketua KSSK, Boediono selaku Gubernur BI dan juga Jusuf Kalla.

Staf Khusus yang juga juru bicara Wapres, Yopi Hidayat yang dihubungi di Jakarta semalam juga belum tahu ada perubahan jadwal pemanggilan Boediono. “Saya baru mendapatkan informasi itu karena yang kami ketahui sampai saat ini jadwal pemanggilan terhadap wapres pansus masih 22 Desember,” tuturnya.

Ia juga menyelaskan, kapanpun pemanggilan itu asalkan disampaikab beberapa hari sebelumnya tidak akan mengganggu Wapres Boediono dalam tugasnya. Sebab itu pansus DPR tidak perlu merasa khawatir itu soal kinerja wapres yang terganggu bila harus memenuhi panggilan pasnsus.

Karena itu, lanjutnya, Wapres memang tidak perlu non aktif hanya karena untuk memenuhi panggilan pansus. “Lagi pula ini proses politik bukan proses hukum. Pak Boed juga sudah menyatakan kesiapannya untuk itu,” tambahnya.

Secara terpisah, Ketua Umum LSM Peace Habib Ahmad Shahab menganggap permintaan agar Boediono dan Sri Mulyani non aktif sangat politis bahkan wawasannya kering sebagai negarawan sekaligus tidak faham konstitusi.

“DPR sebagai lembaga negara yang seharusnya bergengsi atas justru direndahkan dengan ulah Pansus itu. Beberapa hari bersidang hanya menghasilkan imbaun dan persoalan yang tidak subtantif,” ujarnya. “Dengan hasil seperti itupada akhirnya justru akan mendorong penilaian masyarakat yang merendahkan DPR.”

Staf Khusus Presiden Andi Arif meminta panitia khusus kasus Bank Century juga memanggil pengamat ekonomi yang mantan anggota Komisi XI DPR RI Dradjat Wibowo dan anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar (FPG) Melchias Marcus Mekeng.

“Dua orang itu menjadi bukti otentik yang menyetujui `bailout` Century untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis keuangan waktu itu,” kata Andi, Minggu.

Dradjat dan Melchias pada Nopember 2008 ikut menyetujui pemberian dana talangan kepada bank itu karena kondisi krisis keuangan yang parah pada waktu itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa menyatakan tim ekonomi tetap solid. Karena itu, tidak ada relevansinya soal-soal yang berkaitan pansus menuntut wapres maupun menkeu non aktif. (johara/us)

Selasa, 09 Maret 2010

Sejarah Film Pendek

Dalam sejarah film dunia, istilah ‘film pendek’ mulai populer sejak dekade 50-an. Alur perkembangan terbesar film pendek memang dimulai dari Jerman dan Perancis; para penggagas Manifesto Oberhausen di Jerman dan kelompok Jean Mitry di Perancis. Di kota Oberhausen sendiri, kemudian muncul Oberhausen Kurzfilmtage yang saat ini merupakan festival film pendek tertua di dunia; sementara saingannya adalah Festival du Court Metrage de Clermont-Ferrand yang diadakan tiap tahun di Paris. Sejak gerakan-gerakan ini muncul, film pendek telah mendapatkan tempatnya di pemirsa film Eropa. Festival-festival film pendek menjadi ajang eksibisi utama yang selalu sarat pengunjung, apalagi kemudian didukung dengan banyak munculnya cinema house bervolume kecil untuk dapat menonton karya-karya film pendek di hampir setiap sudut kota di Eropa.

Di Indonesia, dimana film pendek sampai saat ini selalu menjadi pihak marjinal –sekali lagi, dari sudut pandang pemirsa- film pendek memiliki sejarahnya sendiri yang sering terlupakan. Film pendek Indonesia secara praktis mulai muncul di kalangan pembuat film Indonesia sejak munculnya pendidikan sinematografi di IKJ. Perhatian para film-enthusiasts pada era 70-an dapat dikatakan cukup baik dalam membangun atmosfer positif bagi perkembangan film pendek di Jakarta. Bahkan, Dewan Kesenian Jakarta mengadakan Festival Film Mini setiap tahunnya mulai 1974, dimana format film yang diterima oleh festival tersebut hanyalah seluloid 8mm. Akan tetapi sangat disayangkan kemudian Festival Film Mini ini berhenti pada tahun 1981 karena kekurangan Dana.
Pada 1975, muncul Kelompok Sinema delapan yang dimotori Johan Teranggi dan Norman Benny. Kelompok ini secara simultan terus mengkampanyekan pada masyarakat bahwa seluloid 8mm dapat digunakan sebagai media ekspresi kesenian .
Hubungan internasional mulai terbangun, diantaranya dengan para filmmaker Eropa terutama dengan Festival Film Pendek Oberhausen, ketika untuk pertama kali-nya film pendek Indonesia berbicara di muka dunia di tahun 1984. Keadaan ini memancing munculnya Forum Film Pendek di Jakarta, yang berisikan para seniman, praktisi film, mahasiswa dan penikmat film dari berbagai kampus untuk secara intensif membangun networking yang baik di kalangan pemerhati film.
Akan tetapi, Forum Film Pendek hanya bertahan dua tahun saja.
Secara garis besar, keadaan film pendek di Indonesia memang dapat dikatakan ironis. Film pendek Indonesia hampir tidak pernah tersampaikan ke pemirsa lokal-nya secara luas karena miskinnya ajang-ajang eksibisi dalam negri. Akan tetapi di sisi lain, di dunia internasional, film pendek Indonesia cukup mampu berbicara dan eksis. Dari sejak karya-karya Slamet Rahardjo, Gotot Prakosa, Nan T. Achnas, Garin Nugroho, sampai ke generasi Riri Riza dan Nanang Istiabudi.

Senin, 08 Maret 2010

Kenapa Membuat Film Pendek?

Membuat film, baik itu film pendek maupun film panjang adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan cinta dan dedikasi, kegilaan dan petualangan. Kenapa membuat film pendek? Membuat film pendek bisa jadi untuk:
1.Pengalaman – Sebuah pengalaman dengan mengumpulkan sebuah team untuk membuat cerita dalam film.
2.Showreel – mengejar karir dalam pembuatan film dan juga untuk menunjukkan keahlian membuat film. Membuat film pendek agar mendapatkan funding untuk membuat film panjang.

3.Partnership – terjun langsung ke dalam sebuah organisasi untuk berkolaborasi dalam sebuah projeck. Bisa juga untuk menarik seseorang (produser, sutradara, penulis ternama) untuk menolong meningkatkan profil pembuatan film atau untuk meningkatkan profil perusahaan.
4.Mewujudkan ide – berusaha mewujudkan ide menjadi sebuah film atau mewujudkan ide untuk sebuah film panjang dengan membuat film dalam skala pendek. Bisa juga eksplorasi teknik pembuatan film. Mewujudkan sebuah ide yang hanya bisa dilakukan untuk film pendek.
5.Uang – mencoba membuat film dengan budget untuk membayar kru film. Biasanya jarang terjadi dalam pembuatan film pendek. Mendapatkan uang dari film pendek sangat jarang terjadi tetapi bukan tidak mungkin. Di Indonesia, film pendek belum menjadi sebuah industri.
Bahan dari:
- http://www.bbc.co.uk/dna/filmnetwork/filmmakersguide

Minggu, 07 Maret 2010

Plus Minus Merajut Cinta di Tempat Kerja

Para eksekutif muda zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktu mereka di tempat kerja daripada di rumah. Akibatnya, ada banyak pria dan wanita dalam satu kantor yang merajut kisah cinta.

Tentu saja hal ini juga dilakukan untuk mencari mitra kerja yang mendukung karier mereka. Apalagi jika rekan kerja terlihat begitu seksi dan menggoda, sehingga kisah cinta pun semakin cepat terjalin.

Kendati berada dalam lingkup yang sama, namun pasangan yang membina hubungan sekantor sering pula tak lepas dari masalah. Tak salah bila selain segi positif, hubungan cinta dengan rekan kerja juga punya dampak negatif.

Aspek positifnya adalah efisiensi waktu. Untuk menemukan pujaan hati, Anda tak perlu membuang-buang waktu. Tak perlu menyusuri setiap lokasi, karena Anda bisa menghemat waktu dengan menemukan pujaan hati di kantor yang sama dengan Anda. Sehingga Anda pun bisa menghemat waktu dan uang.

Keuntungan kedua berpacaran dengan teman sekantor adalah Anda bisa menghabiskan banyak waktu bersamanya di tempat kerja. Anda bisa mengetahui dengan cepat berbagai hal yang dia sukai, dan bisa mendiskusikan segala sesuatunya dengan pasangan.

Menjalin cinta di kantor juga memiliki kelemahan. Sebagai contoh, lingkungan tidak peduli seberapa jauh hubungan yang sedang berlangsung. Tentu saja situasi seperti ini bisa menjadi bencana bagi hubungan Anda bersama pasangan.

Fakta bahwa pasangan terus menerus bersama saat pagi hingga malam hari, nyatanya juga tak selamanya baik. Bersama-sama dari pagi hingga malam hari mungkin saja bisa menimbulkan masalah di antara kalian berdua, terlebih bila ego masing-masing pasangan tidak bisa dikendalikan. Karena setiap orang memerlukan waktu untuk dirinya sendiri, untuk mengejar hobi atau bergaul dengan teman-teman. Untuk itu, luangkan sejenak waktu Anda dan manfaatkan dengan hang out bersama sabahat karib.

Keburukan lain dari menjalin cinta dengan teman satu kantor adalah hubungan ini dapat memengaruhi konsentrasi kerja dalam melaksanakan tugas mereka secara profesional. Bayangkan ketika Anda memberitahu pasangan bahwa Anda dipecat. Mungkin saja hal ini disebabkan adanya konflik kepentingan, atau mungkin saja hal ini disebabkan karena jalinan asmara yang terajut di kantor.

Kecemburuan adalah sisi negatif lainnya. Kebanyakan hubungan yang terjadi di kantor biasanya menyimpan rahasia, karyawan lain mungkin main mata dengan pasangan Anda atau sebaliknya. Berbagai tuduhan pun bisa menyelimuti hubungan kalian berdua, misalnya seperti berkembangnya isu pilih kasih.

Hal-hal Romantis di Mata Pria

"Pria tidak suka romantisme. Wanitalah yang lebih menyukai hal-hal manis dan penuh cinta." Pernyataan tadi tak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya pria pun menyukai hal-hal semacam ini, hanya berbeda caranya. Doug Fields, pengarang Creative Romance mengatakan, ketika diminta untuk mendefinisikan romantis, pria akan menggunakan kata, misteri, intrik, sensualitas, pakaian dalam, gairah, dan seks tanpa henti. Ingin membuai si suami ke dalam romantisme? Coba tips berikut :

1. Berpakaian rapi untuknya
Untuk menyenangkan daya visualnya, coba kenakan pakaian dalam yang pernah ia belikan untuk Anda. Belum pernah? Sekarang saatnya Anda mengajak ia ke toko pakaian dalam khusus wanita, tanyakan model seperti apa yang ia suka dan menurutnya pas untuk Anda kenakan. Menurut Ronald Goldstein, Ph.D., konselor pernikahan di Newtown, Pennsylvania, pria adalah mahluk visual yang akan menganggap Anda sangat romantis jika bisa membawanya ke dalam dunia penuh fantasi. Gunakan hal ini sebagai alat untuk membuat si dia makin tergila-gila pada Anda.

2. Sentuhan sayang
Sentuhan tak melulu berarti seks, tapi sentuhan yang membuatnya merasa nyaman akan dikenang. Misal, dengan sentuhan di pundaknya saat makan berdampingan. Sentuhan nyaman dari seorang wanita bisa sangat menenangkan bagi pria. Dalam bahasa non verbal, pria akan mengartikan usapan sayang sebagai "Saya menerima kamu, saya sayang kamu, kita ada dalam satu tim". Sentuhan-sentuhan kasih semacam ini tak harus menjurus ke arah seksual.

3. Biarkan ia bersenang-senang dengan teman prianya
Mungkin terdengar aneh, bahwa niat romantis justru tidak ada Andanya. Pada kenyataannya, banyak pria yang merindukan masa-masa lajangnya. Mereka merindukan masa-masa bersenang-senang dengan teman-teman, namun takut kalau Anda tak mengizinkannya pergi. Sesekali, doronglah ia untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman lelakinya. Mereka akan merasa senang bisa keluar sejenak dari rutinitas. Ketika si istri bisa menunjukkan bahwa ia tidak selalu merasa khawatir, seperti masa pacaran dulu, akan menyenangkan untuknya.

4. Muncul di kantornya
Tidak berarti Anda harus datang ke kantornya dan mengganggu rapatnya. Tapi, dengan Anda hadir dengan beragam cara bisa membuatnya merasa bersemangat kerja. Tapi pastikan kehadiran Anda bukan dalam bentuk yang mengganggu. Jika di masa pacaran, memang disarankan agar Anda tidak meneleponnya setiap saat kala ia di kantor. Namun, ketika sudah memasuki masa pernikahan, kadang pria butuh semacam pengingat alias penyemangat kerja dari Anda. Anda bisa menyelipkan kartu ucapan sayang di dalam tas kerjanya, atau meneleponnya hanya untuk menanyakan kabar atau memberi pesan untuk pulang cepat karena ada hadiah menunggunya. Atau, lebih kreatif dengan mengirimkan sms seksi, atau masukkan foto seksi Anda ke dalam saku bajunya. Pesan untuk menyampaikan, "Pikirkan aku, ya...."

5. Ingatkan betapa gagahnya ia
Pria memang sulit untuk bisa mengekspresikan perasaannya secara verbal, namun bukan berarti mereka tidak senang dipuji. Mereka senang mendapatkan pujian yang ditujukan kepada hal yang membuat mereka merasa seperti lelaki sejati. Pria ingin menjadi pahlawan. Pujian tulus mengenai betapa bangganya Anda memiliki suami seperti dia akan membuatnya merasa diingini, dibutuhkan, dan dicintai, yang artinya, merupakan sebuah tindakan romantis. Hal ini pun bisa mendorong si suami untuk selalu berusaha menjadi orang yang lebih baik di mata Anda.

6. Kencan di luar rutinitas
Coba buat kencan kejutan yang diluar kebiasaan Anda berdua. Entah itu dengan berkencan ke tempat karaokean, atau ke sebuah tempat di atas perbukitan hanya untuk melihat bintang berdua dengannya. Apa pun itu, yang penting Anda dan dia menikmati waktu, tapi pastikan Anda dan dia memang memiliki waktu kosong. Jangan sampai saat melakukan kencan itu, Anda malah memikirkan pekerjaan kantor.

7. Mempersiapkan untuk malam panas
Coba bayangkan Anda baru saja pulang kerja, langsung mandi, lalu menemukan suami Anda sudah mempersiapkan sebuah karpet nyaman, di atasnya ada bantal-bantal, hanya ditemani temaram lilin, dan ia mengundang Anda untuk ikut bergabung dengannya. Menyenangkan, bukan? Merasa diperlakukan istimewa seperti itu? Ia pun pasti juga akan menyukainya. Mengapa tidak melakukannya untuk dia? Anda membuat aktivitas bercinta dengannya sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan dan seperti Anda tunggu-tunggu akan ditangkapnya sebagai hal yang romantis.

8. Biarkan ia menikmati apa kesukaannya
Kesukaan pria dan wanita berbeda. Itu sudah jelas. Bayangkan ketika Anda dan dia ingin nonton film di bioskop. Seringkali bingung mau memilih film yang mana, sehingga akhirnya harus memilih jalan tengah, film yang biasa-biasa saja, atau malah batal nonton. Cobalah sesekali mengalah, misal, jika ia sebenarnya suka olahraga basket, tapi Anda tak suka, sehingga Anda malas menemaninya nonton pertandingan basket, sesekali, ikutlah nonton. Ini akan dilihatnya sebagai hal romantis karena Anda memikirkan kesukaannya.

9. Menunjukkan kepedulian di kehidupannya yang lain
Kita hidup di dunia yang berputar sangat cepat, tak heran jika kita terjebak dalam rutinitas. Ketika Anda bisa menemukan cara untuk menunjukkan kepada si dia betapa Anda pun peduli pada setiap aspek kehidupannya, tak hanya pada aspek yang ia bagi kepada Anda akan membuatnya merasa sangat dicintai. Misal, Anda memberinya kejutan dengan memberinya buku tentang mobil yang ia miliki, karena Anda tahu ia senang mengutak-utik mesin kesayangannya itu. Atau, ketika ia tahu adik kecilnya yang kuliah di luar kota sering meneleponnya karena merasa kesepian, Anda bisa mengirimkan makanan atau hadiah ke tempat adiknya itu, dengan nama Anda dan dia tertera di sana.

10. Ceritakan rahasia Anda
Pria pun ingin menjadi sahabat Anda. Dengan menceritakan rahasia Anda, secara simbolis akan membuatnya merasa Anda mengajaknya ke dalam jiwa Anda, bahwa Anda mempercayainya. Karena Anda membiarkan diri Anda terlihat rapuh di hadapannya, maka hal itu akan ditangkapnya sebagai kepercayaan total, dan bahwa Anda memiliki keyakinan akan hubungan ini.

11. Waktu makan yang menyenangkan
Anda pasti sudah pernah mendengar ujar-ujar yang mengatakan, "Satu cara untuk memenangkan hati pria adalah melalui perutnya". Cobalah siapkan waktu makan yang tenang berdua dengannya di rumah. Mulai dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan makanan utama, lalu penutup. Dengan begini, Anda berdua makin punya banyak waktu berdua sambil berbincang-bincang dengan tenang.

Selasa, 02 Maret 2010

Perintis Sedjarah Cinematografi

Pada suatu pameran film di Arnhem ditahun berselang tertempellah nama2 didinding, tetapi ini bukanlah nama2 bintang film jang populer dan telah amat dikenal chalayak, melainkan nama-nama orang jang hidupnja lebih romantis, rahasia dan dramatis dan tentu lebih penting daripada seluruh nama2 bintang film seluruh dunia ini digabung mendjadi satu. Tentu sadja persamaan ini tidak menjenangkan Tuan, tetapi pasti Tuan menerima kebenaranja, karena seberapakah arti 100 bintang film Amerika dibanding dengan sebuah nama Plateau atau Edison atau Reynaud atau Leprince ?
Kebenaran perbandingan itu akan lebih njata bila kita mengambil umpama : penemuan kamera film jang masih sederhana sekalipun, atau penemuan sebuah projektor-dito, belum lagi alat2 beratus matjam djumlah dan patentnja jang dikerdjakan dan didapatkan oleh para sardjana2 penemu jang telah mempertaruhkan semua jang dimilikinja : wang, energi, tenaga kerdja dan kadang2 hidup mereka. Semua ini hanja diketahui dan disaksikan oleh sedjarah jang pandjang dari perkembangan sedjak diketemukannja alat film jang pertama jang dapat dipakai dalam mana prisip dasarnja adalah per-tama2 berupa projeksi gambar jang bergerak hingga semua ini diteruskan melalui penjelidikan2 ber-tahun2 kemudian hingga terpunjailah oleh manusia alat2 film seperti jang sudah ada sekarang.

Sedang ilusi manusia terhadap gambar jang bergerak itu sudah ada sedjak peradaban bangsa Hottentot 150.000 tahun jang lalu. Ini dibuktikan oleh pengetahuan jang mendapatkan lukisan2 didalam gua2, seperti jang tertjantum disini. Se-pendek2nja lukisan2 pada karang jang dibuat oleh bangsa jang hidup 20.000 tahun jang lalu, jang seperti diketemukan oleh pengetahuan di-karang2 gua2 Altamira di Spanjol, telah menundjukkan dengan djelas akan keinginan pelukis2 purba itu untuk melukiskan gerak dari binatang2 dan manusia. Atau 2000 tahun sebelum Kristus seperti jang terlukis pada djambangan bunga jang terkenal jang kedapatan didalam makam radja Menne --- seperti djuga di-makam2 radja Mesir pada djaman itu --- dimana dilukiskan seorang pendjahit dilukiskan “bergerak” dari sebuah djambangan urut ke djambangan2 berikutnja. Hasil2 kerdja seniman2 jang tak kita kenal itu jang karja2nja kita temui biarpun melalui djarak tempo jang beratus ribu abad itu telah mendjadi dasar prinsip projeksi cinematografi abad ini. Karena cinematografi djuga mengambil prinsip : memindahkan gerak udjud didalam tingkat2 waktu seperti pula djuga opname2 momen jang disusun didalam hubungan urutan waktu dan ruang.
Lukisan2 jang beratus ribu abad itu prinsipnja kita temukan tepat didalam kerdja film djaman modern kita ini jang pada pokoknja adalah suatu urutan gambar jang di-rangkai2kan jang melukiskan gerak2 dari jang digambar itu didalam urutan waktu;. Tentu sadja penemuan2 jang bermacam ragam telah termasuk didalamnja karena waktu antara djaman prasedjarahnja dengan djaman modern dari cinematografi ini tjukup djauh. Misalnja pada tahun 150 (sesudah Kristus), apabila Ptolomeus mengadakan studi permulaan terhadap kerdja rangkai dari mata jang amat menarik para sardjana jang menjusulnja. Karena dengan penjelidikan Ptolomeus itu tertemulah suatu prinsip jang mendasari cinematografi bahwa dengan perubahan jang ber-dikit2 dan urut dari serentak gambar akan kita dapatilah suatu lukisan2 jang bergerak didepan mata kita. Maka sardjana2 Isaac Newton, Dr. Fitton, John Herachel, Dr. Paris dan sardjana2 lain sibuk melandjutkan pekerdjaan Ptolomeus itu. Kepada merekalah kita harus berterima kasih karena alat jang mendahului alat2 film mengambil peranan penting pula didalam sedjarah cinematografi, ialah Thaumatroop atau permainan jang diberi bernama “keping adjaib” jang digemari oleh orang2 tua dan muda2 selama ber-puluh2 tahun di Barat. Dan sesudah mereka tadi berbarislah para sardjana dari berbagai matjam kebangsaan jang meletakkan batu2 dasar cinematografi jang kemudian ditemukan dan dimasukkan didalam cinematografi jang segera mendatang : gedjala atroboskopis, dan sardjana jang paling kerdja keras untuk studi adalah seorang sardjana Belgi jang bernama Joseph Plateau, ialah jang menemukan raenakistiscoop, roda hidup jang diilhami oleh keping stroboskopis dari Faraday, dengan apa ia melukiskan manusia dan binatang jang bergerak plateau begitu keras mentjurahkan tenaganja didalam penemuan ini hingga mendapat serangan buta, hingga para mahasiswanja jang melanjutkan pekerjaannja. Dan sesudah dia dapat pula kita sebutkan nama2 seorang mahaguru Wina jang bernama Simon Stampfer dan seorang Inggeris jang bernama William Horner jang telah membuat alat2 sederhana sematjam itu jang dapat melukiskan gambar2 bergerak setjara langsung.
Lalu diketemukan o-oranglah lentera adjaib jang menunjukkan kemungkinan baru : ditemukannja projeks dari gambar2 bergerak tersebut kelajar : Roger B Leonardo da Vinci dan Hienymus Cardanus jang memperkembangkan kamera-obskun jang kemudian mendjadi projektor tersederhana jang pertama dengan dikawinkan dengan lentera adjaib jang diselidiki dan ditemukan oleh Giovanni della Porta (Italia), Walgerstein (Denmark) dan seorang paderi Jesuit jang bernama Althanasius Kirche jang dahulu mereka namakan “lanterna magica”. Dengan kombinasi alat2 itu disusunlah oleh Emile Reynaud theater optisnja : penjair dari gambar bergerak ini mengerdjakan penemuannja itu di Museum Gravin di Paris jang kemudian mendapat sambutan publik jang meriah. Sementara itu fotografi ditemukan oleh sedjumlah penemu para sardjana bermatjam2 bangsa : Profesor Schulze. ---- Djerman, K.W Scheele, ---- Swedia, Frans Nichephore Liepce dan Louis Daguerre, ---- keduanja dari Perantjis dilandjutkan oleh orang Amerika jang bernama Muybridge dan seorang Perantjis jang bernama Juie Marey jang telah mengadakan opname pertama kali terhadap manusia dan binatang2 jang bergerak.
Edison, Le Roy dan beberapa orang jang lain mengkonstruksikan kamera2 mereka didalam bermatjam susunan. Disekitar tahun 1890 barulah ditemukan projeksi dan kamera film dan nama2 Skiadanowski bersaudara dari Djerman, William Friese Greene dan Robert Paul dari Inggeris, Leprince orang Perantjis dan seorang Amerika jang bernama Thomas Arms jang mendjadi pedjuang didalam penemuan ini. Betapa Friese Greene menghadapi kegagalan dan kesukaran2nja dan Leprince jang terbang dengan aparatur2nja ke Paris dgn kereta karena pekerdjaan mereka belum memberikan hasil jg berudjud benar, Barulah Auguste dan Louis Lumiere berhasil melandjutkan kerdja mereka itu. Demikianlah urutan kedjarahan dari cinematografi dari sedjak djaman Hottentot, lewat penemuan Ptolomeus, keeffek stroboskopis dari Plateau, lewat lentera adjaib kepunjaan Kircher ditambah pengetahuan fotografi tersusunlah (dengan penambahan pemberian suara dll) apa jang kita miliki dan namai sekarang cinema! Kalau Eropa dan Amerika pada tahun berselang merajakan jubileum cinematografi jang genap 60 tahun. Kitapun tahu djuga bahwa kita tidak bisa mengenang nama Lumiere bersaudara sadja, karena didepan mereka terentet berpuluh2 nama orang2 lain jang besar pula peranannja

Senin, 01 Maret 2010

Bagaimanakah Rasulullah Bersikap?

Tawadhu dan Rendah Hati; Rasulullah tuRut mengeRjakan dan membantu pekeRjaan Rumah tangga. SeORang hamba Allah yang teRpilih tidaklah segan mengeRjakan hal itu semua.
Aisyah Radhiyallahu 'anha peRnah ditanya: "Apakah yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di dalam Rumah?" Ia Radhiyallahu 'anha menjawab: "Beliau shallallahu 'alaihi wasallam adalah seORang manusia biasa. Beliau menambal pakaian sendiRi, memeRah susu dan melayani diRi beliau sendiRi." (HR. Ahmad dan TiRmidzi)
Makan dengan kesedeRhanaan; DaRi Rumah beliau shallallahu 'alaihi wasallam yang penuh beRkah itulah memancaR cahaya Islam, sedangkan beliau sendiRi tidak mendapatkan makanan yang dapat mengganjal peRut beliau shallallahu 'alaihi wasallam.
An-Nu'man bin BasyiR menutuRkan kepada kita keadaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:
”Aku telah menyaksikan sendiRi keadaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sampai-sampai beliau tidak mendapatkan kuRma yang jelek sekalipun untuk mengganjal peRut." (HR. Muslim)

Aisyah Radhiyallahu 'anha menutuRkan:
"Kami, keluaRga Muhammad, tidak peRnah menyalakan tungku masak selama sebulan penuh, makanan kami hanyalah kuRma dan aiR." (HR. Al-BukhaRi)
Menegakkan Shalat; Tidak ada satu peRkaRa pun yang melalaikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam daRi beRibadah dan beRbuat ketaatan. Apabila sang muadzin telah mengumandangkan azan; "MaRilah tegakkan shalat! MaRilah menggapai kemenangan!" beliau segeRa menyambut seRuan teRsebut dan meninggalkan segala aktifitas duniawi. Tidak satupun Riwayat yang menyebutkan bahwa beliau mengeRjakan shalat faRdhu di Rumah, kecuali ketika sedang sakit.
DiRiwayatkan daRi Al-Aswad bin Yazid ia beRkata: "Aku peRnah beRtanya kepada 'Aisyah Radhiyallahu 'anha: 'Apakah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Rumah?' 'Aisyah Radhiyallahu 'anha menjawab: "Beliau biasa membantu keluaRga, apabila mendengaR seRuan azan, beliau segeRa keluaR (untuk menunaikan shalat)." (HR. Muslim)

“Betapa ingin aku beRtemu dengan saudaRa-saudaRaku!” PaRa sahabat Shalallaahu alaihi wasalam beRkata, “Wahai Rasulullah, bukankah kami ini saudaRa-saudaRamu?” Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam menjawab, “Kamu sekalian adalah sahabat-sahabatku, saudaRa-saudaRaku adalah geneRasi yang belum lagi muncul.” “Wahai Rasulullah, bagaimanakah engkau dapat mengenali suatu geneRasi daRi umatmu yang belum lagi muncul?” tanya sahabat. Beliau Shalallaahu alaihi wasalam menjawab, “Bagaimanakah menuRutmu, bila seseORang memiliki seekOR kuda yang putih kepala dan kakinya di antaRa kuda-kuda yang hitam legam, bukankah dia dapat mengenali kudanya?” “Tentu saja wahai Rasulullah!” jawab meReka. “Sungguh, meReka akan datang dengan waRna putih beRcahaya pada wajah dan tubuh meReka disebabkan aiR wudhu’. Dan akulah yang akan mendahului meReka tiba di telaga (Al-KautsaR)!” jawab beliau.” (HR. Muslim)

Links:
[Suami SepeRti Rasulullah saw]
http://wildan.eltika.net/suami-seperti-rasulullah-saw.html/
•Rasulullah Muhammad saw adalah seORang suami teladan bagi seluRuh umat manusia. Di luaR Rumah beliau beRpeRan sebagai seORang panglima peRang dan figuR dakwah, dan di Rumah beliau pun mampu beRpeRan sebagai suami teRbaik.
•untuk menjadi seORang suami sepeRti Rasulullah Muhammad saw tidak akan dapat dilakukan dengan sepenuhnya (sama peRsis sepeRti beliau apa adanya). KaRena pada dasaRnya, beliau adalah seORang Rasul yang teRjaga daRi kesalahan dan maksiat sekecil apapun, sementaRa kita hampiR selalu saja beRsentuhan dengan yang namanya maksiat atau dOsa, baik sengaja maupun tidak sengaja. Hanya saja, sebagai umatnya kita tentu saja dapat memaksimalkan usaha untuk dapat mengikuti jejak beliau dalam beRumah tangga. Untuk menjadi seORang suami sepeRti Rasulullah saw, kita dapat beRusaha untuk senantiasa mengaplikasikan apa-apa yang beliau aplikasikan di dalam Rumah tangga.
•Di dalam Rumah tangga, Rasulullah Muhammad saw tidak peRnah beRsifat meRaja yang selalu ingin atau meminta untuk dilayani. Rasulullah Muhammad saw tidak peRnah mempeRbudak istRi-istRi beliau. JustRu beliau sangat sayang dan menghORmati istRi-istRi beliau, mendidik istRi-istRi beliau dan beRsikap seadil-adilnya.
•Rasullah Muhammad saw senantiasa mengeRjakan pekeRjaan-pekeRjaan Rumah tangga dengan ikhlas. Beliau membantu mengeRjakan dan menyelesaikan pekeRjaan istRi-istRinya. Hebatnya lagi, beliau yang meRupakan seORang Rasul Allah swt, tOkOh dakwah teRkemuka, dan sebagai panglima peRang tidak peRnah meRasa malu atau malas untuk mengeRjakan pekeRjaan-peRkejaan istRi beliau (pekeRjaan wanita). Beliau suka menjahit pakaian beliau sendiRi yang RObek. Dan Rasulullah Muhammad saw ketika beRada di Rumah, beliau juga bekeRja membantu memeRah susu. Semaksimal mungkin beliau pun beRsikap mandiRi dalam mengeRjakan pekeRjaan Rumah tangga, melayani diRi sendiRi dan tidak menekan sang istRi untuk mengeRjakan pekeRjaan Rumah tangga sendiRi.
[Ingin Sehat?? Ikuti POla Makan Rasulullah]
http://kesehatan.kompasiana.com/2009/12/09/ingin-sehat-ikuti-pola-makan-rasulullah/
•Tahukah anda ? Bahwa seumuR hidupnya, Rasulullah hanya peRnah mengalami sakit dua kali sakit. PeRtama, ketika diRacun Oleh seORang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah saw di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.
•Asupan awal ke dalam tubuh Rasulullah adalah udaRa segaR pada waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. PaRa pakaR kesehatan menyatakan, udaRa sepeRtiga malam teRakhiR sangat kaya dengan Oksigen dan belum teRkOtORi Oleh zat-zat lain, sehingga sangat beRmanfaat untuk Optimalisasi metabOlisme tubuh. Hal itu sangat besaR pengaRuhnya teRhadap vitalitas seseORang dalam aktivitasnya selama sehaRian penuh.
Di pagi haRi, Rasulullah saw menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. ORgan tubuh teRsebut meRupakan ORgan yang sangat beRpeRan dalam kOnsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya pROses kOnsumsi makanan menjadi teRganggu.
•Di pagi haRi pula Rasulullah saw membuka menu saRapannya dengan segelas aiR dingin yang dicampuR dengan sesendOk madu asli.
Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah saw senantiasa mengOnsumsi tujuh butih kuRma ajwa’ (matang).
•Menjelang sORe haRi, menu Rasulullah biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Rasulullah juga mengOnsumi makanan pOkOk sepeRti ROti. Manfaatnya banyak sekali, diantaRanya mencegah lemah tulang, kepikunan di haRi tua, melancaRkan sembelit, menghancuRkan kOlesteROl dan melancaRkan penceRnaan. ROti yang dicampuR cuka dan minyak zaitun juga beRfungsi untuk mencegah kankeR dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.
•Di malam haRi, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayuR-sayuRan. BebeRapa Riwayat mengatakan, Rasulullah saw selalu mengOnsumsi sana al makki dan sanut. MenuRut PROf. DR. MusthOfa, di MesiR deudanya miRip dengan sabbath dan ba’dunis. Mungkin istilahnya cukup asing bagi ORang di luaR ARab, tapi dia menjelaskan, intinya adalah sayuR-sayuRan. SecaRa umum, sayuRan memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi daRi seRangan penyakit.
•Rasulullah saw tidak langsung tiduR setelah makan malam. Beliau beRaktivitas teRlebih dahulu supaya makanan yang dikOnsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah diceRna. CaRanya juga bisa dengan shalat.
•Disamping menu wajib diatas, ada bebeRapa makanan yang disukai Rasulullah tetapi tidak Rutin mengOnsumsinya. DiantaRanya, tsaRid yaitu campuRan antaRa ROti dan daging dengan kuah aiR masak. Beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu aiR, yang teRbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian, beliau juga senang makan buah angguR dan hilbah (susu).
•Rasulullah saw seRing menyempatkan diRi untuk beROlahRaga. TeRkadang beliau beROlahRaga sambil beRmain dengan anak-ana dan cucu-cucunya. PeRnah pula Rasulullah lOmba laRi dengan istRi teRcintanya, Aisyah R.a.
•Rasulullah saw tidak menganjuRkan umatnya untuk beRgadang. Hal itu yang melataRi, beliau tidak menyukai beRbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya. Biasanya beliau tiduR lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. IstiRahat yang cukup dibutuhkan Oleh tubuh kaRena tiduR teRmasuk hak tubuh.
[SHALATLAH, DIMANA DAN BAGAIMANAPUN KEADAANMU!]
http://alkatuni.110mb.com/fiqh_hadits/sholatlah.php
•Shalat dalam agama Islam memiliki kedudukan yang sangat tinggi, hal ini bisa disimpulkan bila kita menceRmati nash-nash Al QuR’an maupun As Sunnah. Di antaRanya sebagai beRikut:
1. MendiRikan shalat adalah tanda sebenaR-benaRnya ORang mu’min.
2. Shalat meRupakan Rukun Islam yang ke dua.
3. Shalat meRupakan tiang agama.
4. Shalat adalah amalan yang peRtama kali dihisab pada haRi kiamat dan sebagai tOlOk ukuR daRi seluRuh amal ibadah yang lainnya.
5. TuRunnya peRintah shalat tanpa melalui peRantaRa Malaikat JibRil, bahkan Rasulullah sendiRi meneRima langsung daRi Allah subhanahu wata'ala di atas langit yang ke tujuh.