Senin, 22 Februari 2010

Harusnya Hari Kebangkitan Nasional Tanggal 28 Oktober


Meluruskan dan memaknai arti sejarah adalah kewajiban pertama sebagai landasan untuk membangun kecerdasan masyarakat bangsanya . Hari ini (seratus tahun yang silam) adalah awal dari agenda di deklarasikannya sebuah gerakan masyarakat intelektual yang dimotori oleh Dr.Sutomo (saat itu beliau masih pelajar, belum bergelar doktor) Pada tahun 1908 itulah awal mula gagasan Dr.Sutomo beserta kerabat dan kawan-kawannya untuk mempersatukan seluruh pemuda di tanah air, guna merencanakan agenda Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 .

Gerakan Dr.Sutomo tersebut sepakat menamakan dirinya sebagai Gerakan Budi Utomo , yang berarti Budi yang Utama . Maka seyogyanya pemerintah Indonesia segera mampu merevisi keputusan-keputusan politik masa lalu yang salah kaprah dalam menentukan tanggal serta sebutan/istilah bagi sejarah perjuangan bangsa Indonesia diawal sebelum tercetusnya Proklamasi Kemerdekaan.
Seharusnya Hari Kebangkitan Nasional adalah hari disaat para Pemuda yang mewakili wilayah seluruh Indonesia tersebut melakukan Sumpah Pemuda-nya. Sedangkan hari ini yang berkaitan dengan gerakan Dr.Sutomo bisa disebut sebagai Hari Budi Utomo

Tidak ada komentar: