Selasa, 23 Februari 2010

Renaisance


Tahukah kau apa artinya kata renaissance itu? Itu adalah kata Perancis yang berarti "kelahiran kembali". Renaissance merupakan periode kelahiran kembali yang terjadi di Eropa antara abad keempat belas sampai abad keenam belas.

Selama abad pertengahan yang mendahuluinya, banyak hal dalam kehidupan terabaikan. Selama zaman renaissance, pelajaran dibangkitkan kembali. Perdagangan, seni, musik, literatur, dan ilmu pengetahuan berkembang pesat. Renaissance mengubah seluruh gaya hidup Eropa.


Sebelum renaissance, kebanyakan orang tinggal di perumahan besar, yang disebut manor atau rumah bangsawan. Hanya ada sedikit kota. Semua kehidupan sosial berpusat di amnor, atau di tempat uskup. Eropa terbagi menjadi banyak sekali negara kecil, masing-masing diperintah oleh pangeran atau bangsawan.

Selama zaman renaissance, cara kehidupan ini berubah sama sekali. Kota-kota berkembang pesat seirng dengan berkembangnya perdagangan dan industri. Pengusaha kaya menjadi orang penting. Dan bukan lagi dalam bentuk negara kecil, tapi unit pemerinatahan yang lebih besar tumbuh dan menjadi negara. Orang mulai menggunakan uang logam.

Orang juga mulai memepertanyaka kepercayaan lama mereka. Mereka menjadi lebih tertarik pada kejadian di dunia ini dan kurang tertarik pada kehidupan di dunia yang akan datang. Ini merupakan masa ketika revolusi terhadap ide dan tindakan yang harus dilakukan di Gereja Roma Katolik terjadi, yang berakhir dengan reformasi dan berdirinya agama Kristen Protestan.

Renaissance tidak begitu saja dimulai, walaupun kadang-kadang awal terjadinya disebutkan pada tahun 1453 ketika Konstatinopel jatuh ke tangan Turki, atau tahun 1440, ketika percetakan ditemukan. Kekuatan yang mendorong terjadinya Renaissance sudah dimulai jauh sebelumnya.

Renaissance mencapai kemajuan pertama kali di Italia sebelum menyebar ke negara lain di Eropa. Di Italia berkumpul banyak seniman besar, diantaranya Leonardo Da Vinci, Michelangelo, Raphael, Titian, Bothicelli, Cellini, dan banyak lagi yang hasil karyanya masih dikagumi sampai sekarang.
(di ambil dari beberapa sumber)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

top markotop..saya tunggu tulisan anda yang lain ya....lam kenal

Aries mengatakan...

OK bos

Aries mengatakan...

Kalo ini blog e belum apa-apa...ayo lebih dikembangkan lagi ya....

Aries mengatakan...

Ok akan saya bikin top lagi