Selasa, 23 Februari 2010

Mengenal Menara Pisa-Italia


Sudah banyak yang tahu bila salah satu dari 7 keajaiban dunia adalah berupa menara.Apalagi kalau bukan menara Pisa.Menara yang terletak di kota Pisa, Italia ini dianggap ajaib karena kedudukannya yang tidak vertikal lagi.Benar,menara ini condong ke samping alias miring,Dan yang bikin tambah unik,tingkat kemiringannya bertambah tiap tahunnya.
Menara ini terbuat dari batu,semen, dan kapur.Sehingga,keseluruhan struktur menara ini elastis dan dapat menahan menahan tekanan yang hebat sekalipun.Dinding bagian dalam dan luarnya dilapisi marmer berukuran 40 x 60 senti.
Yang istimewa ,bangunan ini bukan merupakan sebuah menara silinder yang berongga di dalamnya.Melainkan terdapat silinder inti yang menjadi dinding bagian dalam menara.Diantara dinding dalam dan dinding luar ini terdapat tangga melingkar selebar 1 meter.Saking tingginya menara ini,bila dihitung jumlah anak tangga sampai ke puncak adalah 293 buah.

Bila menara in dulunya bediri tegak secara vertikal,mengapa ia tiba-tiba berubah haluan ? Menurut para ilmuwan,kemiringan ini disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya bahan dasar pembuat menara yang membuat bobot menjadi terlalu berat dan struktur lapisan tanah yang lunak.Namun, yang diyakini menjadi penyebab utama kemiringan yang dimulai pada 1185 ini adalah struktur tanahnya yang memang sangat lunak.Bagaimana tidak,bangunan ini didirikan 6 kaki diatas permukaan air laut.Dan letak daerahnya tepat diatas palung sungai(lapisan teratasnya pasir dan tanah liat)
Menurut perhitungan matematis,kemiringan ini dapat bertahan hingga 300 tahun ke depan.! Jadi,bersyukurlah karena masih bisa menjadi saksi sejarah keunikan dan keajaiban menara pisa.

Fakta-Fakta Seputar Pisa
Lama pembuatannya 177 tahun !
Pembangunan menara Pisa dimulai pada 9 Agustus 1173 dan berakhir pada 1350.Meski menara ini didirikan oleh orang-orang setempat,namun mendapat sentuhan dari berbagai budaya.
Betapa tidak,yang membangun adalah orang-orang yang berasal dari Jerussalem,Carthago,Ibiza,Mallorca,Afrika,Belgia,Inggris,norwegia,Spanyol,Maroko,dan beberapa bangsa Eropa lainnya.Percaya atau tidak,alasan dibuatnya menara ini adalah karena gengsi warga kota Pisa yang begitu tinggi.Mereka memang selalu bersaing dengan warga kota Florence,yang terletak di negara yang sama.Maka,untuk menunjukkan betapa hebatnya kota Pisa,mereka membangun menara tinggi di sebelah katedral kota.
Namun, pembangunannya sempat terhenti sampai lantai dasar,karena warga kota Pisa harus berperang dengan melawan Florence.Pembangunannya dimulai lagi pada 1180 dan berakhir pada 1185.Dalam 5 tahun itu,pembangunannya hanya berhasil menambah 3 lantai.Namun,menara ini sudah mulai miring.Setelah itu,pembangunan menara sempat mengalami putus-sambung beberapa kalidengan waktu yang tidak tetentu.
Kedudukan menara yang mulai miring memang membuat pembangunannya cukup sulit di selesaikan.Pembangunan terakhir dilakukan mulai 1319 hingga 1350.Akhirnya,secara keseluruhan menara itu memiliki 8 lantai dengan 7 bel di dalamnya.

Fungsi utama menara Pisa
Fungsi sebenarnya menara Pisa adalah menara lonceng (bell tower).Pada masa itu,keberadaan menara lonceng sangat penting untuk menunjukkan kekuatan suatu daerah,Semakin megah menara loncengnya,semakin hebat pula bangsa yang mendirikannya.
Ilmuwan kuno Italia,Galileo juga sempat menjadikan menara pisa sebagai tempat percobaannya.Dengan memanfaatkan kemiringan menara Pisa,dia menjatuhkan benda-benda untuk membuktikan teori gravitasinya.

(diambil dari Blog e Libas Batas ….si Harun)

Tidak ada komentar: